English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips n Trick mebersihkan keyboard laptop


Cara membersihkan dengan cairan yang sesuai bisa mengembalikan keyboard laptop anda seperti baru. Ada beberapa hal yang menyebabkan tombol macet, yaitu cairan yang tumpah, penggunaan cairan yang tidak sesuai standar pabrikan, mengerasnya bantalan karet yang digunakan, dan kontaminsi oleh debu dan rambut. Untuk mengatasi masalah tersebut dan mengembalikan kondisi keyboard anda harus menyiapkan dulu kain lap katun, karet busa pembersih kosmetik (hanya gunakan dengan nafta(cairan pemantik), jangan alkohol), tisu, alkohol, air, nafta (cairan pemantik), penjepit lancip, gunting, saringan dapur, pembersih rumah atau sejenis, semprotan Super Lube Dry Film – ini merupakan cairan PFTE (teflon) yang kering secara sempurna dan cocok digunakan di sini. 

Bongkar
Penting : Buat gambar keyboard supaya anda tahu posisi masing-masing tombol. Secara hati-hati lepaskan setiap tombol dengan obeng minus kecil dan masukkan ke dalam wadah. Mereka akan melompat. Jangan gunakan kekuatan yang berlebihan. Bisa saja ada potongan karet kecil pada setiap tombol. Lepaskan mereka semua dan masukkan ke dalam wadah terpisah. Hati-hati, mereka berukuran kecil dan cenderung sulit terlihat.

Bersihkan Keyboard
Bersihakan keyboard dengan menggunakan kain lap katun yang telah sedikit dibasahi dengan air karena jika terlalu basah maka air bisa masuk ke dalam keyboard. Ini akan membersihkan semua cairan yang dapat larut dengan air seperti Coca-Cola, kopi, dan sisa gula. Untuk tempat yang sangat sempit, potongan karet busa menjadi bagian-bagian kecil dan basahi sedikit lalu gunakan penjepit untuk membersihkan. Anda harus membersihkan setiap tombol, luar dan dalam. Ini sangat penting karena inilah tempat tombol bersentuhan dan bergerak.
Ulangi lagi langkah ini dengan mengunakan alkohol dan kain lap katun, tetapi jangan dengan menggunakan karet busa karena bisa hancur jika digunakan bersama alkohol. Terakhri ulangi dengan menggunakan nafta (cairan pemantik) dan karet busa. Ini akan menghilangkan kotoran minyak dan gemuk pada tombol berukuran lebar yang mempunyai kawat misalnya Space Bar.

Bersihkan Tombol
Beberapa tombol mempunyai kawat yang diolesi dengan gemuk. Bersihkan dulu mereka dengan kain lap katun dan nafta. Hilangkan semua bekas gemuk. Masukkan semua tombol ke saringan. Semprot dengan pembersih rumah dan diamkan selama lima menit. Bilas secara seksama dengan air panas dan letakkan tombol di atas tisu supaya mengering. Biarkan sampai benar-benar kering.

Bersihkan Komponen Karet
Masukkan semua komponen karet ke saringan. Tutup saringan supaya mereka tidak hilang jika meloncat. Semprot dengan pembersih rumah dan diamkan selama lima menit. Bilas secara seksama dengan air panas dan letakkan di atas tisu. Lipat tisu dan tekan untuk mengeluarkan air karet. Biarkan sampai benar-benar kering.

Lumasi Tombol
Letakkan semua bagian atas bawah tombol di atas tisu. Lapisi tombol dengan cairan Super Lube Dry Film. Lakukan ini dari keempat sisi supaya bisa menjangkau tempat yang kecil. Biarkan mengering. Jangan terlalu lama melakukan langkah ini karena pelarutnya bisa mempengaruhi plastik.

Lumasi Keyboard
Tutupi lapto dengan kertas dan selotip. Semprotkan pelumasi ke keyboard dan biarkan mengering. Sekarang Anda sudah membersihkan dan melumasi tombol, keyboard, dan komponen karet.

Pasang Kembali
Masukkan semua komponen karet ke dalam keyboard. Pasang tombol yang menggunakan kawat. Pastikan kawat sudah pas di dalam tombol, biasanya dimasukkan ke suatu tempat. Masukkan ujung kawat satunya ke tempat tombol pada waktu memasangnya. Secara perlahan-lahan tekan untuk memasukkan tombol ke dalam tempatnya. Pasang sisa tombol yang lain dengan cara yang sama. Sekarang keyboard anda bisa berjalan dengan baik.

Cat: Harap hati-hati saat membongkar keyboard laptop maupun memasangnya. . .

Source : http://fakhrul92.wordpress.com/2009/03/28/membersihkan-keyboard-laptop/#comment-497

0 Comment:

Related Posts with Thumbnails
Copyright © Adit's Blog